FESTIVAL FILM PENDEK

Pada tahun 2017 Kongregasi Misi merayakan 400 tahun kesetiaan pada Kharisma Santo Vinsensius dan Evangelisasi Baru. Dalam rangka perayaan tersebut salah satu dari rangkaian kegiatannya adalah menyelenggarakan festival film pendek yang tujuannya untuk mengangkat tokoh-tokoh dan karya-karya mereka yang selaras atau terinspirasi oleh Santo Vinsensius dan karismanya dalam melayani kaum terpinggirkan. Festival film tersebut ingin memberikan apresiasi kepada orang-orang yang telah berjuang menghayati dengan setia kharisma Vinsensian dan kepada sineas-sineas muda yang telah mengangkat perjuangan mereka dalam suatu film pendek. Harapannya dari sini perjuangan dan kharisma Vinsensian semakin tersebar di seluruh dunia.

Kongregasi Misi lahir dari kepekaan Santo Vinsensius dalam melihat realita yang ada di sekitarnya, merespon realita tersebut dan kemudian menjalin kerjasama dengan banyak pihak untuk terlibat dalam tujuan yang sama. 400 tahun lalu Santo Vinsensius memulai karyanya memperjuangkan agar terjadi pembinaan untuk para klerus, katekase iman kepada umat dan pelayanan kepada orang miskin dan menderita. Santo Vinsensius tidak sendiri karena ia melibatkan banyak pihak baik dari rekan-rekan imam, biarawan-biarwati maupun umat beriman. Dari pertemuan Vinsensius dan berkerja-samanya dengan banyak pihak kemudian lahirlah Kongregasi Misi, Suster-suster Putri Kasih, kelompok Ibu-ibu Cinta Kasih, Serikat Santo Vinsensius (SSV) dan kharisma Santo Vinsensius tersebut telah menginspirasi banyak kongregasi, biarawan-biarawati dan organisasi gereja yang tergabung dalam Keluarga Vinsensian (Kevin).
Pada tahun ini CM merayakan 400 tahun kesetiaan pada kharisma dan evangelisasi baru, maka untuk menandai perayaan tersebut diadakan festival film pendek yang selaras atau terinspirasi oleh kharisma Santo Vensensius. Film pendek tersebut mengangkat kisah-kisah nyata perjuangan dan pergulatan orang atau kelompoknya yang telah berusaha mewujudkan karya cinta kasih kepada umat dan terutama kepada kaum terpinggirkan. Santo Vinsensius telah mewariskan metode kecil dalam menanggani karya cinta kasih dan pastoral dengan pola; Peka, Merespon dan Bekerjasama. Tiga hal inilah yang menjadi alur dari karya pelayanan yang diangkat dalam festival film pendek tersebut. Harapannya adalah melalui film pendek tersebut kharisma Vinsensian semakin bisa menyebar luas dalam gereja dan masyarakat.

Jika Anda ingin berpartisipasi dalam festival ini, Anda dapat memperoleh Informasinya di bawah ini