Apakah Karya Pelayanan Kongregasi Misi (CM)?

0
415
Para Romo dan Bruder CM
(Mari bergabung bersama dengan kami)

Menurut Konstitusi No. 12

  1. Pilihan yang jelas dan nyata bagi kerasulan di antara orang miskin: karena pewartaan Injil merupakan tanda bahwa Kerajaan Allah hadir di dunia ini (cf. Mat 11:5).
  2. Perhatian para realitas masyarakat masa kini, terutama mengenai sebab-sebab adanya pembagian kekayaan dunia yang tidak merata, sehingga kita mampu melaksanakan tugas kenabian pewartaan Injil ini dengan lebih baik;
  3. Adanya semacam keikutsertaan tertentu pada kondisi kaum miskin, sehingga kita tidak hanya mewartakan Injil kepada mereka, tetapi juga bahwa mereka mewartaakan Injil kepada kita.
  4. Adanya semangat berkomunitas yang sejati dalam semua karya kerasulan kita, sehingga kita saling diteguhkan dalam panggilan yang sama.
  5. Siap sedia diutus pergi ke seluruh dunia sesuai dengan keinginan Santao Paulus yang menasehati kita sebagai berikut, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan duniaini, tetapi berubahlah oleh membaharuan budimu” (Rom 12:2)

 

St. Vinsensius berkata:

“Jika di antara kita ada yang berpikir bahwa tugas kita hanya untuk mewartakan injil kepada kaum miskin, dan bukan untuk meringankan penderitaan mereka, hanya untuk memenuhi kebutuhan rohani dan bukan kebutuhan jasmani mereka, maka saya menegaskan bahwa kita harus menolong mereka dan memastikan bahwa mereka ditolong dengan segala cara, baik oleh kita sendiri maupun oleh orang-orang lain… Melakukan hal ini berarti mewartakan injil baik dengan kata-kata maupun dengan perbuatan-perbuatan. Inilah cara yang paling sempurna.” (SV XII, 87)

“Tidak ada yang lebih berjiwa kristiani daripada pergi dari desa ke desa untuk menolong masyarakat miskin dalam usaha mencari keselamatan.” (DBSV V, 1)

CM – Provinsi Indonesia mewujudkan karya perutusannya dalam bentuk:

  • Misi Umat Vinsensian
  • karya seminari: Seminari Tinggi CM, Seminari Menengah St. Vincentius A Paulo (Keuskupan Surabaya) dan Seminari Menengah Yohanes Maria Vianey (Keuskupan Sintang); STFT Widya Sasana (Malang)
  • karya paroki di beberapa keuskupan di Indonesia: Keuskupan Malang, Keuskupan Malang, Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Sintang, Keuskupan Agung Pontianak, Keuskupan Banjarmasing, Keuskupan Sorong-Manokwari, Keuskupan Agung Merauke
  • Karya Pendidikan: pendidikan formal (sekolah-sekolah di bawah Yayasan Lazaris) dan pendidikan non formal.
  • Karya Sosial: Pendampingan buruh, anak jalanan, dll
  • Rumah Retret untuk melayani pembinaan rohani umat
  • Pendampingan Keluarga Vinsensian, yakni Tarekat religius dan kelompok awam yang mengikuti semangat St. Vinsensius a Paulo
  • Misi Luar Negeri: Solomon Island, PNG, Cina-Taiwan, Philadelphia, Bolivia, Suriname