Apa itu Kongregasi Misi (CM)?

0
7887

Kongregasi Misi (Congregation of the Mission), biasanya disingkat CM,  adalah komunitas para imam dan bruder Katolik Roma yang didirikan oleh St. Vinsensius de Paul pada tahun 1625 untuk mewartakan kabar gembira kepada kaum miskin dan pembinaan para klerus. Nama kami adalah Kongregasi Misi. Nama itu menunjukkan panggilan kami, kami adalah misionaris. Dalam Common Rules XI, 10, disebutkan, ” Misionaris, atau Imam Misi, dengan jelas menunjukkan bahwa pekerjaan misi adalah yang pertama dan terpenting dari semua pelayanan kepada orang banyak.”

Di dalam tubuh Gereja Katolik, Kongregasi Misi adalah termasuk “Serikat Kehidupan Kerasulan” (Society of Apostolic Life). Anggota Kongregasi terdiri dari para imam dan bruder, ditahbiskan dengan kaul untuk misi penginjilan orang miskin. Vinsensius mendorong para pengikutnya untuk mengembangkan praktik lima keutamaan: kerendahan hati, kesederhanaan, kelembutan hati, mati raga dan semangat penyelamatan jiwa-jiwa. Keutamaan itu adalah sikap batin dan sangat kami perlukan dalam misi mewartakan Injil.

Misi utama Kongregasi adalah pembinaan calon imam dan pembinaan umat awam. Tujuan kami adalah mengikuti Kristus dalam melayani kaum miskin dengan melibatkan semua umat beriman dan tarekat/kongregasi lainnya; baik yang ada di Keuskupan/Paroki tempat kami berkarya, sekolah-sekolah yang kami kelola, karya-karya sosial, rumah retret, misi umat, dan beberapa karya misi lainnya yang ada di seluruh dunia.Para anggota CM melayani Yesus Kristus yang hadir di dalam diri orang miskin dan yang tersingkirkan. Saat ini Kongregasi Misi memiliki 3.106 anggota yang tinggal di 507 komunitas lokal di 95 negara yang tersebar luas di lima benua.

Di bawah ini adalah Official Video Kongregasi Misi International