Perayaan Hari Jadi CM ke-406

0
442

Perayaan Hari Jadi CM ke-406 berlangsung pada hari Selasa-Rabu, tanggal 24-25 Januari 2023, bertempat di Provinsialat CM, Jl. Kepanjen 9 dan Balai Paroki Lt. 3 Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya (Kelsapa), Jl. Kepanjen 4-6, Surabaya. Perayaan diisi dengan pertemuan tahunan CM, launching buku “Sejarah Misi Surabaya”, dan misa syukur yang disertai perayaan 10 Romo Yubilaris.

Pertemuan tahunan CM menjadi pembuka dari rangkaian Hari Jadi CM, begitu pula pada perayaan Hari Jadi CM ke-406. Pertemuan dilaksanakan pada hari Selasa, 24 Januari 2023 di Balai Paroki Lt. 3 Gereja Kelsapa, dan dihadiri oleh 81 peserta yang terdiri dari Romo, Bruder, dan Frater Kaul Kekal CM Provinsi Indonesia.

Rm. Supri CM, Rm. Gigih CM, Rm. Sigit CM, dan Rm. Yoyon CM (dari kiri ke kanan)

Pertemuan tahunan CM terdiri dari 3 sesi yang dilaksanakan pada pagi, sore dan dilanjut kembali pada malam hari. Sesi pertama dibuka dengan pengantar dari MC, menyanyikan lagu Hymne Vinsensius, dan doa pembukaan yang dipimpin oleh Komisi Spiritualitas. Kemudian pertemuan dilanjut dengan Presentasi Laporan Visitator, Panorama CM, dan Laporan Keuangan Provinsi yang masing-masing disampaikan oleh Rm. Gigih, CM (Visitator), Rm. Supri, CM (Sekretaris), dan Rm. Sigit, CM (Ekonom) selaku Kuria CM Provinsi Indonesia. Sesi pertama berlangsung hingga jam makan siang diikuti dengan waktu istirahat.

Ibadat sore mengawali sesi kedua. Sesi ini diisi oleh Tim Planning Provinsi yang diwakili oleh Rm. Supri CM dan Rm. Yulius CM untuk menyampaikan Planning Provinsi 2023 dengan tema “Menjadi Misionaris Sejati”. Selanjutnya Agenda Provinsi 2023 disampaikan oleh Rm. Supri, CM untuk mendapatkan koreksi. Makan malam bersama di lantai 2 Balai Paroki Kelsapa menjadi selingan sebelum lanjut ke sesi berikutnya. Masuk ke sesi terakhir, pertemuan diisi dengan serba-serbi yang dimoderatori oleh Rm. Yoyon, CM. Pada sesi ini para Romo dan Bruder menyampaikan berbagai ide, gagasan, pertanyaan dan evaluasi. Pertemuan tahunan CM berlangsung hingga malam dan diakhiri dengan rekreasi bersama para Romo dan Bruder CM.

Pada hari Rabu, 25 Januari 2023, masih dalam rangkaian perayaan Hari Jadi CM ke-406, diadakan acara yang sangat menarik yakni acara Launching Buku “Sejarah Misi Surabaya: 1810-2022” karya Rm. FX Armada CM yang secara khusus dipersembahkan untuk mengenang semangat perjalanan 100 tahun CM berkarya di Indonesia. Di acara launching buku ini dilakukan penyampaian tentang buku dan diskusi yang dimoderatori oleh Rm. Paulus Dwintarto, CM dengan Rm. Armada, CM hadir sebagai penulis dan Rm. Sad Budi, CM sebagai penanggap. Peserta yang datang ke acara launching buku sangat bersemangat hingga melebihi 200 kuota peserta (undangan maupun umum) yang ditetapkan panitia, peserta juga aktif bertanya saat sesi tanya-jawab.

(Launching Buku “Sejarah Misi Surabaya: 1810-2022”)

Setelah acara Launching Buku “Sejarah Misi Surabaya”, dilangsungkan Ekaristi Syukur bersama para Yubilaris CM sebagai puncak perayaan Hari Jadi CM ke-406. Perayaan Ekaristi dilangsungkan di Gereja Kelsapa yang dipimpin secara khusus oleh Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono (Uskup Surabaya). Di akhir perayaan Ekaristi, Para Yubilaris CM mendapatkan setangkai bunga mawar dari Visitator sebagai bentuk ucapan selamat atas 60th Dalam CM (Rm. Abi CM, Rm. Wartadi CM, Rm. Lukas CM), 50th Dalam CM (Rm. Hardjo CM), 25th Dalam CM (Rm. Yulius CM), 50th Imamat CM (Rm. Widajaka CM), dan 25th Imamat CM (Rm. Seve CM, Rm. Wawan CM, Rm. Heru CM, Rm. Susilo CM). Pada kesempatan ini, Rm. Armada CM menghadiahkan buku Sejarah Misi Surabaya kepada Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono.

(Ekaristi Syukur bersama para Yubilaris CM)

Setelah Ekaristi Syukur, semua yang hadir diundang untuk ramah tamah di Provinsialat CM. Beberapa undangan memeriahkan suasana ramah tamah dengan menyumbangkan suara emasnya dan berjoget bersama.

(Suasana ramah tamah bersama di Provinsialat CM)