Perjumpaan dengan Koordinator KEVIN Internasional; Fr. Joseph Agostino, CM

0
61

Pada hari Kamis, 22 Februari 2024, sekitar 100 orang anggota KEVIN (Keluarga Vinsensian) Indonesia region Jawa Timur yang terdiri dari Romo, Suster, Bruder, Frater, dan Awam berkumpul di Balai Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria – Jl. Kepanjen 4-6, Surabaya untuk berjumpa dengan koordinator KEVIN internasional, Fr. Joseph Agostino, CM. Perjumpaan ini menjadi salah satu gerakan memupuk semangat seluruh anggota KEVIN Indonesia untuk terus bertumbuh dalam semangat St. Vinsensius untuk melayani mereka yang miskin dan membutuhkan.

Perjumpaan di awali dengan pertemuan di Lantai 3 Balai Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya, Misa bersama di dalam gereja, makan malam bersama, kemudian melanjutkan kembali pertemuan. Melalui sambutannya, Visitator CM, Romo Gigih, CM mengingatkan kita; Organisasi bukan hanya soal kegiatan atau proyek, melainkan harus diisi dengan spiritualitas St. Vinsensius yang menggerakkan kita, itu yang terpenting. Dorongan dari semangat St. Vinsensius inilah yang membuat kita tidak akan pernah jenuh untuk mau melakukan kegiatan-kegiatan atau karya-karya untuk melayani sesama yang menderita.

Fr. Joseph, CM hadir di pertemuan ini untuk memberi inspirasi dan menyalurkan semangat Vinsensian bagi anggota KEVIN di Indonesia. Ia mensharingkan keadaan KEVIN di seluruh dunia saat ini termasuk Indonesia. Ia mensharingkan pengalaman pribadinya bahwa di suatu daerah terpencil di Brazil ada 5 komunitas anggota KEVIN, kelima komunitas itu dibentuk oleh orang-orang awam yang dulunya merupakan anggota SSV. Mereka ingin lebih lagi mendalami spiritualitas Vinsensian dengan membentuk komunitas dan tergabung menjadi anggota KEVIN.

Ia juga mensharingkan tentang 1 komunitas Apostolic Charity Group (EMC) di Libanon, bagaimana mereka melayani orang miskin di sana. Ada satu hal luar biasa yang membuat Ia takjub, tidak ada satupun anggota dari komunitas itu yang usianya di atas 35 tahun, semua usianya di bawah 35 tahun tapi telah melakukan hal yang luar biasa.

Fr. Joseph, CM menyemangati kita semua Romo, Suster, Bruder, Frater, maupun Awam untuk terus melakukan apa yang sudah dilakukan selama ini, pentingnya bekerja sama dan berkolaborasi. Satu-satunya langkah yang tepat untuk memulai yaitu saat ini. Hal terpenting yakni komitmen dari diri kita untuk memulai apa yang akan kita lakukan. “Tidak ada di antara kita termasuk saya sendiri, yang bisa melakukan hal yang besar. Tapi kita semua bisa melakukan hal-hal kecil dengan kasih yang besar, dan bersama-sama kita bisa melakukan hal yang luar biasa.” ucap Fr. Joseph, CM.

Dalam pertemuan ini, Fr. Joseph, CM telah menyiapkan 3 pertanyaan refleksi untuk didiskusikan oleh para peserta yang hadir. Diskusi ke-1 membahas tentang menghayati Karisma Vinsensian saat ini dan cara menanggapi kebutuhan spiritual dan material mereka yang berada dalam kemiskinan; Diskusi ke-2 membahas mengenai cara komunitas menjalankan kolaborasi dalam KEVIN bersama dengan orang-orang serta lembaga-lembaga lain untuk memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat dan bekerja demi perubahan sosial; Diskusi ke-3 membahas mengenai apa yang harus dilakukan agar KEVIN lebih mampu menyikapi tanda-tanda zaman. Peserta yang hadir antusias membagikan pengalaman pribadi maupun apa yang terjadi di dalam komunitas.

Perjumpaan dengan Koordinator KEVIN Internasional ini ditutup dengan doa penutup dan foto bersama. “Kita semua dipanggil, kita semua juga yang mengucapkan syukur kepada Tuhan.” – Fr. Joseph, CM.

Semangat Vinsensian!