Rekoleksi Panggilan CM 2024, Apa yang Kamu Cari??

0
46

REKOLEKSI PANGGILAN 2024… MISI! MISI! MISI!

Pada hari Sabtu-Minggu, 9-10 Maret 2024, telah diadakan rekoleksi panggilan di Seminari Tinggi CM (STCM) Unit Novisiat dan Postulat, Jalan Raya Candi Badut, Malang. Rekoleksi ini diadakan dengan tujuan agar pemuda katolik semakin termotivasi menjawab panggilan hidup mereka di tengah tantangan jaman dan bisa lebih mengenal apa itu CM, spiritualitas seperti apa yang dimiliki Kongregasi Misi. Rekoleksi diikuti oleh 110 pemuda katolik yang berasal dari beberapa paroki di Surabaya, Blitar, Kediri, Yogyakarta, dan Jakarta.

Para peserta dari wilayah Surabaya didampingi oleh Romo Direktur Panggilan CM, Romo Paulus Jauhari Atmoko, CM berangkat bersama-sama dari Pastoran CM, Jalan Kepanjen 9, Surabaya menuju ke STCM Badut. Sesampainya di sana, para peserta bergegas mengantre untuk registrasi, kemudian mempersiapkan diri sejenak sebelum memulai kegiatan.

Rekoleksi panggilan dibuka dengan Ibadat Sore, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, perkenalan, sesi sharing dari para Romo CM, ibadat malam, dan rekreasi bersama.

Rekoleksi Panggilan hari ke-2 diawali dengan Ibadat Pagi. Dikarenakan bertepatan dengan hari Minggu, para peserta mengikuti Misa Mingguan setelah ibadat pagi. Dalam kotbahnya, Romo Jauhari mensharingkan pengalaman pribadinya saat masih seusia teman-teman para peserta rekoleksi; dimana saat Ia lulus dari SMA dan mulai bekerja, Ia sama sekali tidak ingin menjadi Imam. Tapi suatu hari saat mengikuti retret, tiba-tiba Ia teringat ketika masih kecil sempat memiliki keinginan menjadi seorang Imam, ketika Ia duduk di bangku kelas 3 SD dan menjadi misdinar pada saat itu. Dari ingatan itu, Ia merasa terpanggil kembali dan menemukan jawaban atas panggilan hidup. 

 “Apa yang Kamu Cari? Temukanlah dirimu sendiri untuk tetap setia dan beriman kepada Tuhan.” – Rm. Jauhari CM.

Seusai misa, para peserta menyantap sarapan bersama yang kemudian dilanjutkan dengan outbound yang telah dipersiapkan oleh Tim Pusat Pengembangan Sosial (PPS) Yayasan Kasih Bangsa Surabaya. Para peserta sangat senang mengikuti kegiatan yang satu ini, sekaligus bisa mengambil makna spiritualitas Vinsensian yang tersirat saat memainkan masing-masing game di luar ruangan.

Rekoleksi Panggilan CM 2024 diakhiri dengan peneguhan dari Romo Provinsial CM Provinsi Indonesia, Rm. Antonius Gigih Julianto, CM. “Semoga kalian terkesan, semoga Tuhan berkarya melalui ini. Jangan takut, jangan khawatir, seperti Paus Fransiskus, Pimpinan Gereja Katolik mengatakan ‘Anak muda, jangan takut. Jangan takut pada masa depanmu.’ Vinsensius pendiri CM yang sekarang sudah 400tahun, sudah hampir 3000 anggota bekerja untuk pewartaan Injil. Semoga kalian mau mengatakan “Ya aku sanggup, ya aku ikut, ya aku gembira mewartakan Injil.” Red

*Kontribusi foto oleh tim Yayasan Kasih Bangsa Surabaya dan Yakobis TV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here