Temu Kaum Muda Vinsensian (TKMV)

0
2169
Doc. Panitia TKMV
Doc. Panitia TKMV

Temu Kaum Muda Vinsensian (TKMV) telah diselenggarakan pada 16-18 Oktober 2015 di SMAK St. Louis I Surabaya. Kegiatan tahunan ini diikuti 72 peserta dari paroki-paroki, tarekat-tarekat Kevin dan sekolah-sekolah di bawah Yayasan Lazaris;  dipandu 33 orang panitia, didampingi 10 pendamping, dan dibantu oleh 4 anak Kaderisasi Siswa Katolik (KSK) St. Louis. Karena tak ada tanggal merah pada bulan Oktober panitia memprediksi penurunan jumlah peserta yang cukup drastis.Ternyata yang lebih merepotkan adalah  kehadiran panitia yang terpaksa harus datang dan pergi pada hari pelaksanaan, karena kebanyakan tidak mendapatkan ijin dari tempat kerjanya. Lepas dari kekurangan itu, banyak panitia yang dedikatif sungguh mengatur sedemikian rupa agar acara berlangsung lancar. Se-iring dengan tema CM, pada tahun ini TKMV mengambil tema “Ambil Bagian Dalam Hidup Orang Miskin”. Tema ini terasa cukup berat bagi panitia untuk membahasakan pada peserta yang kebanyakan masih remaja. Karena itu tema tersebut disederhanakan menjadi  ‘Terlibat Dalam Hidup Kaum Miskin’. Setelah diajak mengolah pengalaman perjumpaan dengan kaum miskin dan memaknainya dalam terang nilai-nilai Vinsensian.

Salah satu hal baru yang dicoba pada TKMV 2015 ini adalah peng-galian minat pelayanan peserta. Peserta dibebaskan untuk memilih kategori-kategori pelayanan. Ada yang kemudian memilih pen-dampingan anak, pendampingan tani, pendampingan kaum miskin kota, pendampingan tim tanggap bencana, dan pendampingan kaum muda. Pemilihan ini juga di-maksudkan untuk membangun jaringan kader bagi karya-karya keluarga Vincensian di berbagai daerah. Untuk acara ini panitia menghadirkan juga Rm. Hardo untuk sharing seputar pelayanan tani dan pengalaman kegiatan yang baru diikutinya di India.

Rangkaian acara ditutup dengan misa perutusan oleh Rm. Wijanarko CM, visitator, didampingi Rm. Bastian CM dan Rm. Ignas Suparno CM sebagai pendamping acara. (Rm. Ignas Suparno CM)