KAUL SEBAGAI KOMITMEN HIDUP

0
1051

Kaul Kekal Frater CM 2020

Oleh : Fr. Yulianus Niba, CM

Bertepatan dengan perayaan Ekaristi Pesta Santa Perawan Maria dari Medali Wasiat, 27 November 2020, Pkl. 17.00 WIB, di Kapel Seminari Tinggi Kongregasi Misi unit St. Vinsen de Paul, Jl. Raya Langsep 45, empat frater Kongregasi Misi (CM), Fr. Martin, CM, Fr. Rinto, CM, Fr. Yusep, CM dan Fr. Aldo, CM, dengan mantap hati berkomitmen untuk membaktikan diri seutuhnya dalam Kongregasi. Komitmen itu mereka ungkapkan dengan mengikrarkan kaul kekal. Bagi mereka peristiwa ini adalah peristiwa “Kristus yang menyelamatkan mereka dari segala ketidakpantasan, kekurangan dan pergulatan hidup panggilan”, demikian diungkapkan oleh Fr. Rinto dalam sambutannya sebagai perwakilan keempat frater kaul kekal.

Kristus yang menyelamatkan mereka dari segala ketidakpantasan, kekurangan dan pergulatan hidup panggilan

Fr. Rinto, CM

Romo Visitator Kongregasi Misi, Rm. Manuel Edi Prasetyo, CM, selaku selebran utama perayaan Ekaristi dengan konselebran Rm. Antonius Sad Budianto, CM dan Rm. Yustinus, CM menjadi saksi peristiwa istimewa ini. Turut hadir dalam peristiwa ini para Romo dan Bruder Kongregasi Misi Domus Malang, serta para Frater dari keempat unit Seminari Tinggi. Meskipun acara diadakan secara sederhana dan bersifat intern, namun keistimewaan dan kegembiraan atas peristiwa ini tetap dirasakan. Bagi Kongregasi Misi peristiwa ini adalah peristiwa berahmat meskipun di tengah krisis pandemic Covid-19. Protokol kesehatan tetap diperhatikan dengan baik dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak selama perayaan.

“Kaul adalah suatu komitmen yang dengannya seseorang dapat memberikan dirinya seutuhnya bagi pelayanan kepada orang miskin dengan bebas” – Rm. Edi, CM

Dalam khotbahnya, Rm. Edi menegaskan kembali bahwa “kaul bagi Kongregasi Misi bukanlah suatu prestasi, bukan pula suatu tujuan akhir yang membuat seseorang menjadi anggota penuh kongregasi, namun kaul adalah suatu komitmen yang dengannya seseorang dapat memberikan dirinya seutuhnya bagi pelayanan kepada orang miskin dengan bebas”. Dengan mengikrarkan kaul kekal ini, keempat frater secara penuh menjadi anggota Kongregasi Misi, namun komitmen yang mereka bangun akan terus mereka perbaharui sepanjang hidup mereka. Selamat kepada keempat konfrater yang mengikrarkan kaul kekal pada hari ini. Selamat bergabung ke dalam Kongregasi Misi.

#VinsensianIndonesia

#visabisa

#vinsensianmuda