Perayaan HUT CM ke-405

0
700

Perayaan hari jadi CM ke-405, diselenggarakan secara offline dan online dengan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah karena pandemi Covid-19. Perayaan berlangsung selama 2 hari berturut-turut dari hari Senin-Selasa, 24-25 Januari 2022, di Provinsialat CM dan Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya. Perayaan diisi dengan pertemuan tahunan CM, misa syukur, perayaan Yubilaris, dan pengukuhan serta serah terima jabatan Visitator baru.

Pertemuan tahunan CM dilaksanakan di Balai Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya lantai 3, dan dihadiri oleh kurang-lebih 80 peserta yang terdiri dari Romo, Bruder, dan Frater Kaul Kekal secara offline maupun online. Pertemuan ini dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama diawali dengan doa pembuka dan diisi dengan penyampaian laporan Visitator mengenai perkembangan CM Provinsi Indonesia, pemaparan panorama mengenai peta anggota CM Provinsi Indonesia dan kilas balik perjalanan Provinsi sepanjang tahun 2021 dalam bentuk film, penyampaian laporan keuangan mengenai kondisi keuangan Provinsi dan penyampaian agenda Provinsi 2022.

Rm. Manuel Edi Prasetyo, CM (Visitator CM 2018-2022)
Membuka rapat dengan penyampaian laporan Visitator

Pada sesi kedua, setelah diawali dengan ibadat sore, Tim Planning Provinsi memaparkan tema tahun 2022 “Menyerahkan Diri kepada Penyelenggaraan Ilahi”. Menyerahkan Diri kepada Penyelenggaraan Ilahi menurut Santo Vinsensius adalah melakukan kehendak Allah selalu dan dalam segala hal sebagaimana diteladankan oleh Tuhan Yesus untuk penyelamatan umat manusia. Melakukan keutamaan ini berarti juga bahwa kita siap meninggalkan segala sesuatu yang kita cintai terutama diri kita sendiri dan menyelaraskan segala sesuatu termasuk kehendak kita dengan kehendak Allah. Hanya kehendak Allah yang menuntun hidup kita.

(suasana ibadat sore sebelum melanjutkan pertemuan tahunan)

Setelah sesi kedua, acara dilanjutkan dengan perayaan intern HUT 50th Imamat Rm. Donatus Suwadji, CM, 25th dalam CM Rm. Agustinus Ubin, CM, Br. Philemon Sunarto, CM, Rm. Emanuel Tetra Vici Anantha, CM, dan Rm. Yohanes Berchmans Belina Werang, CM di Provinsialat CM.

(suasana perayaan Yubilaris intern)

Pada sesi ketiga, para Romo, Bruder, dan Frater Kaul Kekal berkumpul kembali untuk melanjutkan pertemuan dengan serba-serbi di Balai Paroki lantai 3. Sesi serba-serbi diselingi dengan pembagian doorprize yang menarik karena menentukan undian dengan menggunakan aplikasi Wheel of Names.

(suasana serba-serbi sebelum perayaan Ekaristi)

Pada akhir sesi serba-serbi, diadakan serah terima jabatan Visitator lama, Rm. Manuel Edi Prasetyo, CM kepada Visitator baru, Rm. Antonius Gigih Julianto, CM dengan dua anggota DPP sebagai saksi, yaitu Rm. Ignatius Suparno, CM dan Rm. Gregorius Tri Wardoyo, CM. Selanjutnya Visitator baru menyampaikan sambutan singkat yang mengajak para konfrater CM untuk bekerja sama melanjutkan dan mengembangkan hidup dan karya Kongregasi.

(sertijab jabatan Visitator CM lama kepada Visitator CM baru)

Misa syukur menjadi puncak perayaan HUT CM ke-405. Misa syukur dilangsungkan di Gereja Paroki Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya dan disiarkan secara live streaming melalui channel YouTube Komsos Kelsapa. Misa syukur dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Surabaya, RD. Eko Budi Susilo, dan didampingi Rm. Manuel Edi Prasetyo, CM (Visitator CM lama) dan Rm. Antonius Gigih Julianto, CM (Visitator CM baru). Misa syukur berlangsung dengan sangat meriah dan dihadiri beberapa Pastor Paroki Kota Surabaya, Bruder, Frater, Suster, Keluarga Vinsensian, serta relasi. Pada perayaan Ekaristi ini, dilangsungkan juga pengukuhan Visitator baru CM Provinsi Indonesia dan intensi untuk para Romo Yubilaris.

(suasana misa syukur HUT CM ke-405, serta pengukuhan Rm. Antonius Gigih Julianto sebagai Visitator baru)

Seluruh rangkaian perayaan HUT CM ke-405 ditutup dengan ramah tamah terbatas untuk para romo di Pastoran Jalan Kepanjen 9, Surabaya dikarenakan pandemi Covid-19.

(suasana ramah tamah bersama para romo di halaman belakang Pastoran)