Asisten Jenderal CM – Fr. Gregorio Bañaga Berkunjung ke Indonesia

0
195

Asisten Jenderal untuk Asia Pasifik, Fr. Gregorio Bañaga CM tiba di Surabaya pada hari Senin, 20 Februari 2023. Kedatangan beliau kali ini bukan dalam rangka visitasi kanonik, melainkan friendly visitation. Asisten Jenderal ingin menyapa dan mengenal provinsi Indonesia dari dekat. Karena itu, Asisten Jenderal tidak mengadakan komunikasi pribadi dengan konfrater, dan tidak bisa mengunjungi semua komunitas karena waktu yang terbatas.

Pada hari pertama berkunjung, Asisten Jenderal bertemu dengan DPP CM dan Keluarga Vinsensian (KEVIN) yang ada di Surabaya. Pada pertemuan tersebut, Asisten Jenderal mengajak KEVIN Indonesia untuk berperan dalam program KEVIN Internasional 13 rumah untuk gelandangan.

Selanjutanya Asisten Jenderal bertatap muka dengan komunitas Domus Kediri-Blitar, Domus Bojonegoro-Madiun-Magetan, Domus Malang, Domus Kalbar, Domus Jakarta, dan para Konfrater yang tinggal di Kota Surabaya. Sementara itu, Konfrater yang berada di Luar Negeri baik yang bermisi maupun yang studi lanjut bertatap muka dengan Asisten Jenderal secara online melalui Zoom. Konfrater yang tidak sempat bertatap muka langsung dengan Asisten Jenderal juga bergabung dalam pertemuan online ini. Pada setiap kunjungan ke domus, Asisten Jenderal menanyakan tugas masing-masing konfrater; situasi dan tantangan yang dihadapi.

Pada kelompok unit karya, Asisten Jenderal mengunjungi karya persekolahan: SMAK St. Louis 2, SMK St. Louis dan SMAK St. Louis 1, karya sosial YKBS. Pada karya persekolahan Asisten Jenderal meninjau aktivitas-aktivitas masing-masing unit sekolah dan memberikan konferensi kepada perwakilan guru dari masing-masing unit sekolah. Pada kunjungan di karya sosial YKBS, Asisten Jenderal bertatap muka dengan pengurus, staf dan volunteer YKBS. Pada kunjungan di Seminari Tinggi CM, Asisten Jenderal menyampaikan bahwa para formandi adalah uncut diamonds yang memerlukan kehati-hatian, kesabaran dan kesungguhan dalam mengolahnya. Pada sisi lain, para formator adalah gate keeper Provinsi. Gate keeper before someone enter into CM.

Asisten Jenderal juga berkesempatan mengunjungi STFT Widya Sasana Malang, Seminari Tinggi Giovanni Malang, Bhakti Luhur Malang, Provinsialat Suster PK, Panti Asuhan Don Bosco Surabaya, dan Yayasan Atmabratha Jakarta.

Asisten Jenderal mengajak komunitas-komunitas untuk menggiatkan doa dan meditasi bersama. Kepada para frater dan konfrater muda, Asisten Jenderal mengajak untuk mengintensifkan penggunaan bahasa Inggris.

Tonton juga:
The Importance of Media for Today’s Works, With Fr. Greg Bañaga, CM
https://www.youtube.com/watch?v=cUtqlSqW268