NAPAK TILAS 100 TAHUN CM

0
286

Dalam rangka perayaan 100 Tahun CM di Indonesia, panitia perayaan menyelenggarakan kegiatan Napak Tilas Misi bertempat di Kediri. Para Imam misionaris Kongregasi Misi (CM) datang pertama kali ke Indonesia untuk tugas perutusan pada tahun 1923. Kegiatan Napak Tilas dilangsungkan dari tanggal 31 Mei sore sampai dengan siang tanggal 1 Juni 2023. Rm Fredi CM sebagai PIC kegiatan ini bersama para romo di Paroki Santo Yosep melibatkan segenap umat Paroki St. Yosep Kediri dalam kepanitiaan.

Kediri menjadi lokasi untuk kegiatan Napak Tilas ini dikarenakan selain menjadi salah satu wilayah jelajah para misionaris, juga karena dua tempat yang monumental bagi Kongregasi Misi Indonesia, yaitu Gereja Puhsarang yang berarsitekkan Jawa dengan maknanya yang mendalam dan Kompleks Gereja Santo Yosep yang sebelumnya merupakan Seminari Tinggi CM.

(Pembicara Talkshow Malam Sejuta Misi)

Kegiatan Napak Tilas diawali dengan acara talkshow “Malam Sejuta Misi” pada sore hari tanggal 31 Mei 2023 dan dilanjutkan dengan makan bersama diiringi group musik dari Paroki. Beberapa narasumber menjadi penyemangat dan pembuka wawasan tentang misi di Surabaya. Mereka adalah Rm. FX Eko Armada Riyanto CM, Rm. FX Wartadi CM, dan Sr. Kristiana PK. Rm. Paulus Jauhari Atmoko CM menjadi moderator untuk acara ini. Acara talkshow mengupas tentang awal misi Imam Kongregasi Misi (CM) di Indonesia, misi di Kediri khususnya melalui bagunan gereja Puhsarang, cerita peristiwa seputar Seminari Tinggi CM di Kediri, dan bagaimana semangat misi para misionaris pendahulu dilanjutkan dengan menanggapi situasi dan tantangan saat Gereja saat ini.

(Suasana makan bersama di acara Malam Sejuta Misi)

Tanggal 1 Juni 2023, pada pukul 05.00 WIB kegiatan utama Napak Tilas dimulai, yakni berjalan dari Gereja Santo Yosep, Kediri ke Gereja Puhsarang, Kediri. Sekitar 1500 peserta mengikuti acara ini. Mereka datang dari beberapa Paroki di Keuskupan Surabaya. Ada dua pilihan jarak tempuh Napak Tilas, yaitu 6 KM (sampai terminal Kediri) dan 10 KM (sampai Gereja Puhsarang).

“Kita akan berjalan kaki bersama-sama seperti tema gereja sinodal kita yakni berjalan bersama. Semua acara dari tanggal 31-1 ini bertemakan semangat misi misionaris. Semuanya dikemas dengan sedemikian rupa ala misionaris. Mereka tidur di rumah-rumah umat, berjalan bersama umat, kemudian perjalanan mereka pun dipenuhi oleh kemurahan hati umat,” ujar Rm. Fredi CM.

(Suasana peserta mengikuti Napak Tilas)

Di Puhsarang disediakan fun games untuk perserta yang lebih dulu sampai di garis finish. Selanjutnya ada theater Napak Tilas, pembagian hadiah dan doorprize. Para peserta tampak antusias hingga kegiatan selesai. Selamat dan semangat selalu untuk para peserta Napak Tilas. Terima kasih kepada seluruh Panitia. Terima kasih kepada para Misionaris CM Indonesia. Semoga semangat misi semakin menjiwai banyak orang dan buah-buah misi dan kasih semakin dirasakan pula oleh banyak orang terutama saudara kita yang miskin dan menderita. Salam Vinsensian.

Tonton juga:
THEME SONG 100 TAHUN CM INDONESIA
https://youtu.be/JTMKsS5qhdE