Peresmian Griya Asih Vinsensius (GAV) “A Home for All”

0
64

Syukur kepada Tuhan, Kongregasi Misi (CM) dapat melaksanakan pemberkatan dan peresmian Griya Asih Vinsensius (GAV) pada hari Jumat, 10 Mei 2024 di Jl. Teratai No. 25, Kecamatan Tegalsari, Surabaya. Acara dihadiri oleh sekitar 150 orang yang terdiri dari para romo, umat, relasi dan donatur. Acara berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 12.00. Diawali dengan misa pemberkatan gedung yang dipimpin oleh romo Provinsial CM Indonesia, Rm. Antonius Gigih Yulianto, CM. Selesai misa para hadirin yang berkumpul melanjutkan dengan acara berikutnya: sambutan, penandatanganan berkas, pemotongan tumpeng dan pita, open house, dan ramah tamah.

GAV diresmikan sebagai wujud nyata karya misi sosial Kongregasi Misi Indonesia yang melanjutkan karya Kasih Allah untuk hadir dan melayani masyarakat di Nusantara ini yang berkekurangan dan membutuhkan perhatian khusus. Keberadaan GAV ini juga turut mewujudkan harapan Kongregasi Misi Indonesia untuk melibatkan semakin banyak orang, sebagaimana telah digagas oleh Keluarga Vinsensisan Internasional (KEVIN) berkaitan dengan penyediaan rumah bagi orang yang tidak punya rumah. Griya Asih Vinsensius: “A Home for All”, rumah bagi semua. Provinsial CM Indonesia, Rm. Antonius Gigih Julianto CM mengucapkan, “Selamat bagi kita semua. Semoga rumah ini menjadi berkat bagi banyak orang. Semoga kehadiran kita juga memberikan kelegaan, kedamaian, semacam penyembuhan bagi semua orang.”

Yayasan Kasih Bangsa Surabaya
Karya ini ke depannya akan dikelola oleh sebuah yayasan sosial milik CM, yaitu Yayasan Kasih Bangsa Surabaya (YKBS). GAV menjadi rumah sosial kedua yang dikelola YKBS, setelah yang pertama di Jl. Simo Pomahan II Utara No. 2A, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya.

Berbicara mengenai YKBS, yayasan ini mendampingi 4 pelayanan sosial yakni:

    1. Wadah Asih Solidaritas (WADAS)
      Mendampingi para pekerja, buruh pertanian, buruh pabrik, hingga pekerja swasta, pendampingan para legal hukum dan para wirausaha.
    2. Sanggar Merah Merdeka (SMM)
      Di Surabaya ada 2 sanggar (Jalan Tales dan Lebak). SMM bertujuan untuk mendampingi anak-anak kampung dimana kami memberikan pelatihan dan pembinaan rutin setiap hari. Tim YKBS beserta relawan dari mahasiswa/i universitas di Surabaya membantu mengajar anak-anak di sana.
    3. Solidaritas Relawan Kemanusiaan (SRK)
      SRK merupakan divisi tanggap bencana, di mana kami menyediakan wadah bagi semua orang yang mau terlibat menjadi relawan dengan sikap tanggap ketika terjadi bencana nasional di Jawa maupun luar Jawa.
    4. Pusat Pengembangan Sosial (PPS)
      Bagian dari pelatihan, pendampingan dan analisa sosial bagi siapapun yang berkecimpung untuk menjadi relawan atau mempunyai suatu gerakan bersama berkaitan kemanusiaan.

Dengan adanya gedung bangunan GAV yang baru ini, dua divisi YKBS (SRK dan PPS) akan dialihkan tempat operasional hariannya ke gedung GAV yang baru, sedangkan dua divisi lainnya, WADAS dan SMM, tetap bertempat di rumah sosial pertama.

WhatsApp Image 2024-05-24 at 11.03.58

Fasilitas GAV

Secara khusus ruangan-ruangan di GAV juga akan digunakan untuk rumah singgah sementara bagi mereka yang kurang mampu, terlebih bagi mereka yang sedang menjalani rawat jalan, sedang mendampingi keluarga yang sakit, sedang mencari tempat baru untuk ditinggali, dan mereka yang membutuhkan ruang khusus untuk mencari ketenangan.

Yang terakhir, salah satu ruangan di GAV ini digunakan untuk Vincentian Store (VS). Vincentian Store ini menjadi corong untuk menyebarkan spritualitas Vinsensian dalam hal mengajarkan kewirausahaan. Keberadaan VS di GAV ini menambah dan melengkapi, serta menjadi satu-kesatuan dengan yang ada di Paroki Kristus Raja Surabaya. Selain belajar berwirausaha, VS ini juga diharapkan dapat menyebarkan nilai-nilai Kasih yang dihidupi oleh para Vinsensian dengan ikut terlibat mendonasikan barang-barang layak pakai untuk dijual kembali dengan harga yang lebih murah. Dengan adanya VS ini, diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan karya sosial Kongregasi Misi yang mandiri, dan tentunya tetap melibatkan banyak orang untuk terlibat dalam karya Allah ini.

Video Peresmian Griya Asih Vinsensius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here