Misa Perayaan Tritunggal Maha Kudus dan Novena Medali Wasiat ke-3

0
57

Bertepatan dengan perayaan Tritunggal Maha Kudus, ziarah dan misa Novena Medali Wasiat ke-3 diadakan pada hari Minggu, 26 Mei 2024 di Kapel Maria Medali Wasiat, Sarangan.

Umat yang datang berjumlah 419 orang disambut dengan welcome drink.

Acara dimulai dengan pendalaman tema “Bunda Maria Pelindung Keluarga” yang dibawakan oleh Rm. Tri Wardoyo CM. Kemudian acara dilanjutkan dengan berdoa rosario bersama dan Perayaan Ekaristi.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm. Hardo CM beserta romo-romo CM yang lain yakni Rm. Rudy CM, Rm. Manuel Edi CM, Rm. Tri Wardoyo CM, Rm. Wahyu CM, dan Rm. Paulus Dwintarto CM. Pada kesempatan kali ini umat dari Paroki Kristus Raja Surabaya bertugas sebagai pelayan liturgi.

Di momen yang istimewa ini pula, telah diresmikan berdirinya Vincentian Marian Youth (VMY) Regina Pacis Magetan dalam bimbingan Rm. Wahyu CM dan Fr. Joshua CM. Pelayanan pertama VMY Regina Pacis yakni menjadi fasilitator para peziarah yang hadir pada pertemuan hari itu dan mengumpulkan donasi untuk para Romo CM yang bermisi di daerah terpencil.

Berbicara mengenai Marian Youth, kelompok ini merupakan kelompok orang muda yang berkumpul bersama menghayati spiritualitas Bunda Maria dan St. Vinsensius. Kelompok ini didirikan di Perancis. Sejarah singkatnya adalah sebagai berikut.

Bunda Maria menampakkan diri pada Sr. Katarina Laboure, PK di Kapel Rue de Bac – Paris, tanggal 18 Juli 1830. Dalam penampakan ini Bunda Maria meminta Sr. Katarina menyampaikan pesan kepada direkturnya, Romo Jean Marie Aladel, CM untuk mendirikan Asosiasi Putra-Putri Maria. Dalam penampakan berikutnya, Bunda Maria meminta Sr. Katarina Laboure, PK untuk membuat medali wasiat sebagai lambang dari asosiasi tersebut. Rm. Aladel CM mulai mendirikan Asosiasi ini di Paris. Selanjutnya asosiasi ini berkembang ke berbagai negara dalam bimbingan Superior Jenderal CM dan PK yang sekaligus menjadi Direktur Jenderal. Asosiasi ini berubah nama menjadi Vincentian Marian Youth (Kaum Muda Marian – Vinsensian). VMY dan Statuta Internasional yang baru disetujui oleh Tahta Suci tanggal 2 Februari 1999. Saat ini Sekretariat Internasional VMY berada di Manila – Philippines. Menurut data terakhir, VMY tersebar di 5 benua, 78 negara dengan jumlah anggota lebih dari 37.000 orang.

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai VMY ini, silakan kunjungi website resmi mereka di https://jmvinter.org/en/home/. Atau bagi anda yang ingin bertanya mengenai apa saja yang dilakukan teman-teman VMY di Indonesia, anda bisa scan barcode di bawah ini untuk mendapatkan kontak para koordinator VMY Indonesia.

Dan bagi anda yang ingin mengikuti Misa Novena Medali Wasiat ke-4 dapat mendaftarkan diri ke link berikut:
https://tinyurl.com/novenamedaliwasiat2024