Visitasi Kanonik Domus Jakarta 2024

0
22

Rm Gigih Yulianto, CM (Visitator CM Indonesia) pada hari Senin 22 April 2024 hadir dan bertemu dengan para konfrater domus Jakarta. Pertemuan diselenggarakan di ruang pertemuan pastoran Tanjungpriok. Hadir anggota domus lengkap, yakni Rm. Yuni, Rm. Yoyok, Rm. Henri dan Rm. Martin CM ditambah dengan seorang frater tahun pastoral (Fr. Deo, CM) di paroki Cilincing, Jakarta Utara.

Pertemuan diawali dengan ibadat sore dan meditasi bersama di kapel. Setelah makan malam, ada pertemuan bersama dipandu oleh Rm Gigih dengan membicarakan “Menjadi komunitas yang menyembuhkan dan menyehatkan”. Selama satu jam presentasi dilanjutkan dengan sharing pengalaman dan tanya jawab dari para konfrater. Pertemuan berlangsung dengan baik dan menggembirakan. Selanjutnya ada acara dialog visitator dengan konfrater satu-persatu.

Hari Selasa, 23 April 2024 kami para konfrater berkumpul di pastoran Cilincing dan dilanjutkan dengan kunjungan ke komunitas Vinsensian di Karya Sosial Magdalena, di Jalan Kampung Beting Remaja No. 29, Kecamatan Koja, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Di sana para ibu bersemangat dalam mendampingi dan membina anak-anak playgroup dan TK. Selanjutnya kami mengunjungi karya yang lain yakni di Yayasan Lumba-Lumba di Pantai Marunda, tepian laut bebas Jakarta Utara.

Pemandangan dan aroma yang khas tepian pantai mengingatkan kita akan bau ikan dan aneka kerang yang bahu dan aromanya sangat terasa dan menyengat.

Selanjutnya kami mengunjungi tempat-tempat pelayanan ATMABRATA. Di sana  Br Petrus Partono  dan rekan-rekan berkarya  merawat dan membina para lansia, orang-orang berkebutuhan khusus, dan tempat pendampingan Orang-orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Di sinilah kita bisa merasakan keakraban berkat semangat dan spiritualitas Santo Vinsensius a Paulo. Akhirnya kami makan siang bersama di komunitas suster-suster Puteri Kasih, Cilincing Jakarta Utara. Para suster menjamu kami dengan hidangan makan siang yang sangat lezat dengan memuaskan. Semoga visitasi kanonik ini meningkatkan mutu pesaudaraan dan kualitas komunitas makin terpupuk dengan kesediaan semua anggota untuk menyembuhkan dan menyehatkan selalu. Love, in St Vincent.

Kontributor: Rm Yuni CM